Millennium Development Goals

Millennium Development Goals (MDG) atau Tujuan Pembangunan Milenium adalah delapan (8) tujuan yang ingin dicapai oleh berbagai bangsa pada tahun 2015 untuk menjawab tantangan-tantangan utama pembangunan di seluruh dunia. MDG merupakan komitmen bersama negara-negara maju dan negara-negara berkembang dalam menangani permasalahan utama pembangunan termasuk didalamnya kemiskinan dan hak asasi manusia di dalam satu paket.
Delapan poin ini tergabung dalam tujuan yang dinamakan Millennium Development Goals (MDGs adalah sebagai berikut :

1. Eradicate extreme poverty and hunger: Penghapusan kemiskinan
2. Achieve universal primary education: Pendidikan untuk semua
3. Promote gender equality and empower women: Persamaan gender
4. Combat HIV/AIDS, malaria, and other diseases: Perlawanan terhadap penyakit
5. Reduce child mortality: Penurunan angka kematian anak:
6. Improve Maternal Health: peningkatan kesehatan ibu
7. Ensure environmental sustainability: Pelestarian lingkungan hidup
8. Develop a global partnership for development: Kerjasama global

Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Millenium_Development_Goals"

MDG dideklarasikan pada bulan september tahun 2000, disepakati oleh 189 negara dan ditandatangi oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Dalam KTT tersebut seluruh perwakilan negara yang hadir sepakat untuk menurunkan proporsi penduduk yang pendapatannya kurang dari US$ 1 per hari menjadi setengahnya antara periode 1990-2015, menemukan solusi untuk: mengatasi kelaparan, masalah gizi buruk dan penyakit, mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menjamin pendidikan dasar bagi setiap orang dan mendukung prinsip-prinsip Agenda 21 mengenai pembangunan berkelanjutan serta dukungan langsung dari negara-negara maju kepada negara-negara berkembang dalam bentuk bantuan, perdagangan, pembebasan utang dan investasi.

Fokus utama dalam MDG adalah pembangunan manusia, dengan meletakkan dasar pada konsensus dan kemitraan global untuk pembangunan. Diharapkan, negara-negara yang lebih kaya dapat mendukung negara-negara miskin dan berkembang dalam melaksanakan tugas pembangunan mereka. Informasi lebih lanjut mengenai MDG dapat dilihat di situs UNDP bagian MDG yaitu http://www.undp.org/mdg/, dan http://www.undp.or.id/mdg/ khusus untuk MDG dan Indonesia.

Sekretariat dan beberapa agen pembangunan PBB bersama perwakilan berbagai lembaga internasional seperti IMF, Bank Dunia dan OECD serta ahli pembangunan internasional lainnya menetapkan delapan tujuan pembangunan milenium dengan satu atau beberapa target untuk setiap tujuan (seluruhnya ada 18 target), serta 48 indikator untuk memonitor dan mengukur kemajuan target-target dan tujuan-tujuan yang ditetapkan, antara periode 1990 – 2015. Informasi lengkap mengenai indikator-indikator tersebut dibahas dalam salah satu situs PBB yaitu http://milenniumindicators.un.org/unsd/mi/mi_goals.asp.

Dengan menetapkan berbagai target serta indikator, diharapkan setiap negara yang berkomitmen untuk mencapai MDG dapat lebih mudah memberikan gambaran pencapaian pembangunan manusia di negaranya. Meskipun merupakan kesepakatan global, MDG tetap diarahkan untuk mengakomodasi nilai-nilai lokal sesuai dengan karakteristik masing-masing negara, agar setiap negara lebih mudah melaksanakan usaha-usaha pembangunan dalam mencapai MDG.

0 komentar:

Posting Komentar



Komentar Terbaru

Postingan Terbaru

Photobucket

free counters

Pengikut